BERSYUKUR KEPADA TUHAN, BERTERIMA KASIH KEPADA KERAJAAN PAKATAN HARAPAN

1 BERSYUKUR BONUS

“Dari Asy’as bin Qais bahwasanya Nabi SAW. bersabda :” Sesungguhnya manusia yang paling banyak bersyukur kepada Allah yang Mahasuci lagi Mahatinggi adalah orang yang lebih banyak bersyukur (berterima kasih) kepada sesama manusia.” Pada riwayat lain :”Tidaklah bersyukur kepada orang yang tidak berterima kasih kepada sesama manusia.” (HR Ahmad, Tirmizi, dan Abu Daud).” Dalam hidup, kita pasti pernah merasakan susah, lantas apakah karena kesulitan tersebut kita menjadi tidak bersyukur dan berterima kasih kepada Allah?.

Hendaknyalah kita berpikir bahwa keluh kesah yang kita lontarkan sangatlah tidak pantas. Ingatlah nikmat Allah yang begitu besar, kesulitan yang kita rasakan sangatlah tidak setara dengan apa yang telah diberikan-Nya. Sesungguhnya Allah tidak memerlukan ucapan terima kasih dari hambanya. Namun, hendaknyalah manusia bersyukur kepada Allah atas segala nikmat yang diberikan oleh-Nya. Bersyukur itu perlu, karena Allah telah menjanjikan nikmat yang lebih bagi umatNya yang bersyukur. Sebaliknya, Allah akan memberikan azab yang pedih bagi umat yang mengkufuri nikmatNya. Kini mari kita sadari bahwa kita masih diberi-Nya nikmat berupa iman dan islam, serta kesanggupan untuk menarik hikmah berbuah hidayah…maka kenapa kita tidak bersyukur kepada Allah??? Dalam hadist yang diriwayatkan oleh H.R Ahmad, Tirmizi, dan Abu Daud, Rasulullah menganjurkan manusia untuk berterima kasih kepada sesama manusia. Hal ini menunujukkan bahwa rasa terima kasih kepada sesama manusia amatlah penting. Setiap waktu yang kita lewati tidak lepas dari bantuan orang lain, hal itu adalah wajar, karena manusia adalah mahluk sosial. Banyak hal yang tidak dapat kita lakukan tanpa orang lain. Bantuan yang kita dapat dari orang lain tidak dapat dihitung, bahkan tidak terhingga jika kita harus menghitungnya satu persatu. Tidak dapat dibayangkan perbandingan bantuan yang orang berikan dengan ucapan terima kasih yang terucap.

Terkadang, kita berpikir jasa yang orang lain berikan adalah suatu hal yang memang sudah menjadi tugasnya. Tapi, tidakkah kita sadari? Bila tidak ada mereka, bisa berbuat apa kita?. Walau ucapan terima kasih yang terucap terasa sebagai hal yang kecil, tapi terkadang ucapan terima kasih bisa memberikan penghargaan batin kepada orang yang diterimakasihkan. Juga dapat memberikan kesan ramah kepada orang yang mengucapkannya, sehingga orang lain tidak segan membantu lagi apabila kita butuh bantuan. Lepas dari terima kasih, manusia juga banyak menunutut. Biasanya orang yang tidak mau berterima kasih adalah orang yang banyak menuntut. Mereka tidak menyadari pentingnya keberadaan orang lain dan pentingnya menghargai orang lain. Padahal, jika mereka tahu, sesungguhnya beterima kasih kepada manusia adalah bagian dari bersyukur kepada Allah. Tanyakan pada diri anda, sudahkah anda mengucapkan terima kasih kepada orang lain?

Syukur kepada Allah, terima kasih kepada manusia

Tinggalkan Jawapan

Masukkan butiran anda dibawah atau klik ikon untuk log masuk akaun:

WordPress.com Logo

Anda sedang menulis komen melalui akaun WordPress.com anda. Log Out /  Tukar )

Google photo

Anda sedang menulis komen melalui akaun Google anda. Log Out /  Tukar )

Twitter picture

Anda sedang menulis komen melalui akaun Twitter anda. Log Out /  Tukar )

Facebook photo

Anda sedang menulis komen melalui akaun Facebook anda. Log Out /  Tukar )

Connecting to %s